firewall pada Keamanan Jaringan

Posted on

Firewall pada Keamanan Jaringan

http://3.bp.blogspot.com/-NGN5dTLLhjk/VjQA1lj_7sI/AAAAAAAAAVk/jUEzuUynzIY/s400/8067929-Computer-network--Stock-Photo-firewall-network.jpg


A. Pengertian Firewall
     Firewall adalah perangkat yang digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapapun yang memiliki akses terhadap jaringan privat dari pihak luar. Saat ini, pengertian firewall difahami sebagai sebuah istilah generik yang merujuk pada fungsi firewall sebagai sistem pengatur komunikasi antar dua jaringan yang berlainan.


B. Konsep Firewall Pada Host dan Server

Pada Host


    
Pada Server




C. Implementasi Firewall di Host
     Personal Firewall didesain untuk melindungi komputer terhubung ke jaringan dari akses yang tidak dikehendaki. Implementasinya dengan menambahkan beberapa fitur pengaman tambahan seperti proteksi terhadap virus, anti spyware, anti spam.

D. Implementasi Firewall di Server
     Network Firewall didesain untuk melindungi jaringan secara keseluruhan dari berbagai serangan yang umumnya dijumpai dalam dua bentuk, yaitu sebuah perangkat terdeteksi atau sebagai perangkat lunak yang diinstalasikan dalam sebuah server. Implementasinya dengan menggunakan Microsoft Internet Security and Acceleration Server (ISA Server), Cisco Pix, Cisco ASA.

E. Firewall dan Perangkatnya
    Firewall adalah perangkat yang digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapapun yang memiliki akses terhadap jaringan privat dari pihak luar.
    Perangkatnya yaitu Software ip tables / ip chairs yaitu sebuah program yang berisi aturan-aturan yang menentukan tindakan apa yang akan dilakukan terhadap sebuah paket.

F.  Filtering Firewall
     Penyaringan paket data dan memutuskan apakah paket data tersebut dapat diakses atau tidak.

G. Loglist Server Firewall
     Mendata semua aliran data, data yang masuk pada level aplikasi di server.

H. Tata Cara Pengamanan Peralatan Jaringan

     A. IDS (Intrusion Detection System)

            Menguasai lalu lintas jarigan terhadap tindakan yang mencurigakan pada suatu host atau jaringan, dimanadata dicek terlebih dahulu dan apakah data tersebut merupakan ancaman atau tidak .

            B. IPS (Intrution Protection System)

            Mendeteksi dan melindungi sistem baik dalam maupun luar jaringan , dimana IPS akan memerintahkan firewall untuk segera memblokir koneksi yang berupa serangan sebelum masuk ke jaringan .

I. Prosedur dan Cara Pengujian Keamanan Fisik Jaringa            n

   Dengan memberikan keamanan seperti memilih power supply yang baik dan memory yang cukup maka kinerja hard ware dapat berjalan dengan lancar , jaringan terbebas dari kendala pada hardware. Hal tersebut berpengaruh pada kelancaran kinerja jaringan pada komputer server maupun client . 

J. Prosedur dan Cara Pengujian Keamanan Logic Jaringan

   Dengan perangkat yang digunakan seperti Sistem Operasi Firewall, Anti Virus, dan Software Maintenance. Dengan software tersebut kita dapat melindungi komputer dari Malware atau software yang bersifat merusak seperti virus, dan konflik port pada komputer kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *