Pengertian Tentang DOMAIN

DOMAIN sebenarnya adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.
Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.
Domain juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web misal “kampungblogger.org“. Nama domain kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Jenis-jenis Domain:
1). Berdasarkan LEVEL
• Top Level Domain (TLD), adalah deretan abjad di belakang dot atau“.”, misal: .com / .net / .org / .id. Macam-macam TLD antara lain: TLD umum ; TLD eksklusif Amerika ; TLD di Indonesia ; dan TLD negara
• Second Level Domain (SLD), adalah deretan abjad di depan dot atau “.”, dari suatu nama domain. Misalkan nama domainnya adalah wordpress.com, maka “wordpress” adalah SLD dan “.com”nya adalah TLD. Inilah yang disebut dengan istilah “nama domain”, yaitu gabungan dari SLD.TLD atau SLDdotTLD.
• Third Level Domain, adalah level ketiga setelah TLD dan SLD. Misal: .us.com, .br.com, .cn.com, dst, atau yang gratis seperti co.cc, cz.cc dst.
• Sub Level Domain, adalah nama tambahan atau sub selain TLD dan SLD. Misalnya nama domain utamanya adalah blogspot.com atau wordpress.com, maka Anda dapat membuat domain sub-nya, misal uripistiqomah.blogspot.com atau qusnulqatimah.wordpress.com.
2). Berdasarkan Fase Hidup
• Fresh Domain, adalah istilah yang digunakan untuk domain yang benar-benar baru terdaftar di registrar, domain ini belum terdaftar di registrar manapun dan tidak memiliki history apapun.
• Active Domain, adalah domain yang sudah dibeli dan memiliki masa aktif yang telah ditentukan jangka waktu registernya.
• Expired Domain, adalah domain yang telah berakhir masa aktifnya atau telah melewati jangka waktu registernya. Domain ini dianggap berharga dan banyak diminati untuk diambil alih kepemilikannya karena telah berumur, eksis, pernah memiliki traffic, ranking, popularitas, backlink dan sebagainya.
• Dropped Domain atau Deleted Domain, adalah domain yang telah melewati masa expired dan tidak diperpanjang. Domain seperti ini bisa juga mempunyai popularitas, riwayat, ranking, backlink, dan lain-lain, namun jika domain tersebut didaftarkan kembali, maka umurnya direset lagi dari nol (reborn).

Baca juga Apa itu Bulk Domain Authority Checker?

Itulah jenis-jenis domain yang perlu kita ketahui.
Lalu domain yang seperti apa yang bagu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *